Minggu, 23 September 2012

Suaro hati - NasDem Cari 200 Caleg DPR


Jefrrie: Tak Perlu Keluar Duit, Dibiayai Partai
Padang, Padek—Partai Na­sio­nal Demokrat (NasDem) tak main-main membuat peru­ba­han dalam tntanan ke­hi­dupan ber­negara. Sedikitnya, 200 calon legislatif (caleg) DPR RI terbaik disiapkan melalui seleksi ketat dimulai Januari 2013 men­datang.

Demikian teru­ngkap da­lam rapat konsolidasi dan ha­lal bi halal DPW Par­tai NasDem Sum­bar di Basko Ho­tel, tadi malam. Rapat konsolidasi ini dihadiri Sek­re­taris Majelis Na­sio­nal Partai Nas­Dem, Jef­frie Geo­va­nie, Sekjen DPP Ah­mad Rofiq, Ke­tua DPP Bi­dang Internal Endang Tirtana, dan pengurus teras Partai NasDem lainnya.

“Mulai Januari 2013, kita akan membikin iklan di se­lu­ruh koran di Indonesia beri­si­kan Partai NasDem akan men­cari orang-orang jujur, tidak pernah tersangkut korupsi, memiliki integritas, kre­di­bi­litas dan se­jum­lah persyaratan lain­nya. Tak meski tokoh un­tuk disiapkan menjadi caleg DPR RI. Nantinya, mereka akan kita seleksi melalui human resources Partai Nas­Dem,” kata Jeffrie.

Sebanyak 200 calon ter­baik, tambah mantan ang­gota DPR RI asal daerah pemilihan (dapil) Sumbar I ini, akan disiapkan menjadi caleg DPR RI Partai NasDem  dalam Pe­milu 2014 mendatang. Me­reka tak perlu membayar biaya selama pen­ca­legan, semua akan dibiayai partai. Sekitar Maret 2013-April 2014 mereka akan disebar ke 77 dapil se-Indonesia.

Tak sekadar gratis, selama di lapangan mereka juga akan ditandem dengan seorang cam­paign manager, dan 15 ora­ng staf tergantung kondisi daerah pemilihan. Mereka akan berada di dapil men­jalankan program-program sudah disusun campaign manager setiap harinya.

“Seminggu setiap dua se­ka­li, mereka boleh me­ning­gal­kan dapil. Ini akan ber­lang­su­ng sampai April 2014 men­da­tang. Mereka-mereka inilah men­ja­lankan serangan darat Partai NasDem di daerah, setelah se­ka­rang ini hanya fokus men­ja­lan­kan se­ra­ngan udara melalui media elektronik,” tambah mantan calon gubernur Sumbar 2005 lalu.

Coba bayangkan, tambah Jeffrie, kalau orang-orang ini berhasil duduk di parlemen. Pastilah mereka akan mampu memberi perubahan dan men­jalankan tugas pengawasan ter­hadap jalannya pe­me­rin­tahan.

Lalu berapa biaya masing-masing caleg tersebut? Diakui Jeffrie, memang cukup besar. Sebab, harus mengorbitkan orang yang belum men­jadi apa-apa­nya, menjadi dike­nal pub­lik. Paling kurang bakal me­ne­lan biaya Rp 9-10 mi­liar. Selain me­ngan­dalkan kas par­pol, juga akan meminta bantuan donatur yang jelas juga ka­pasitas dan kapabilitasnya.

Dalam acara dihadiri ham­pir se­luruh pengurus DPW Partai NasDem Sumbar, DPD, DPC itu, Jeffrie mengimbau kepada se­lu­ruh pengurus DP­W dan DPD se­gera men­yiap­kan caleg se­men­ta­ra. Nan­ti­nya, caleg ini akan ditan­­dem­kan dengan caleg DPR RI tadi. 

Di sisi lain, Sekjen DPP Partai NasDem, Ahmad Rofiq mengingatkan pengurus Partai NasDem jangan berpuas diri usai menuntaskan pen­daf­taran vertifikasi faktual ke KPU. Sebab, sekarang ini Par­tai NasDem belum apa-apanya dan belum ada ketetapan KPU bahwa Partai NasDem me­ngikuti Pemilu 20­14.

“Kita sekarang belum ada apa-apanya, makanya seluruh pengurus Partai NasDem tetap rendah diri dan bergerak cepat. Segera indentifikasi siapa-siapa saja berpotensi menjadi caleg. Kalau pengurus tentu sudah memiliki hak khusus, namun bagaimana pun kita tetap mem­buka diri terhadap SDM-SDM berkualitas di luar pengurus partai,” katanya.

Di tempat yang sama, Wa­kil Ketua Bidang Internal DPW Partai NasDem Sumbar Yos­meri Yusuf optimistis Par­tai NasDem bakal mampu me­raup hasil maksimal dalam Pemilu 2014 mendatang. (*)

[ Red/Administrator ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar